You are here
Home > Travel > Berpetualangan Seru dengan Merapi Lava Tour

Berpetualangan Seru dengan Merapi Lava Tour

Daerah Istimewa Yogyakarta ialah kota yang banyak akan destinasi wisata yang kerap dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal, banyak destinasi wisata di kota Jogja  mulai dari Kraton Jogja, Alun-Alun Kota Jogja, Malioboro, tugu Jogja dan masih banyak wisata lainnya. Selain di kota jogja ini mempunyai wisata yang cukup memacu ardenalin nih Sob.

Gunung Merapi, kalian pasti tahu dong Gunung Merapi, Sob? Yaps, gunung merapi terletak diperbatasan Jawa tengah dan Yogyakarta merupakan gunung yang sangat terkenal. Bukan hanya pemandangannya yang asik untuk ingin kesana, namun kerap status dari gunung merapi yang kerap sering muncul di televise.

Nyaris setiap 4 tahun sekali Merapi erupsi dan memuntahkan material vulkanik yang meluluh lantakkan desa-desa di sekitarnya. Meski begitu, orang-orang tetap mencintainya dan kembali tinggal di lereng Merapi. Setelah erupsi besar pada tahun 2010 lalu, kawasan Gunung Merapi sisi selatan rata diterjang lahar dan menyisakan lautan pasir yang luas. Tak mau terlalu lama larut dalam kesedihan, warga pun mengubah petaka menjadi berkah dengan cara menawarkan paket wisata bertajuk Lava Tour Merapi. Belajar dari warga Bromo yang mampu mendapatkan penghasilan dari mengantarkan tamu-tamu menyusuri kawasan Pasir Berbisik, warga Kaliurang pun menawarkan paket wisata menyusuri lautan pasir dan bebatuan sisa erupsi.

Aktifitas yang bisa dilakukan ketika berpetualang dengan Lava Tour Merapi

  • Touring dengan mobil Jeep

Lava tour merapi,  tentu saja aktivitas utama wisata ini adalah touring di Lereng Merapi menggunakan jeep terbuka. Di sepanjang perjalanan kamu bisa menyaksikan pemandangan yang beragam seperti perkampungan yang sudah rata dengan tanah, lautan pasir, hingga Merapi yang berdiri dengan megahnya. Semua hal ini mampu membuatmu kalian kagum terhadap kebesaran Sang Pencipta. Petualanganmu kemudian akan dilanjutkan menyusuri hamparan pasir luas lengkap dengan batu-batu besar yang berserakan. Sebagai penutup perjalanan, kamu akan diajak melewati jalanan sempit dengan turunan curam dan berkelok. “Wah, kebayang dong sob, pasti sangat memacu ardenalin kalian tuh,keren!”

  • Mengunjungi mini museum sebagai sisa peninggalan

Saat mengunjungi mini museum ini, sedikit membuat perjalanan kalian menyentuh hati, Mengapa? Karena ditempat ini kalian akan melihat saksi bisu letusan Merapi. Botol kaca yang meleleh, kerangka sepeda motor, peralatan dapur yang rusak dan berselimut abu, mesin jahit, tabung televise hingga hewan peliharaan yang hanya tersisa kerangkanya merupakan koleksi mini museum ini. Sebuah jam dinding yang berhenti di angka 00.05 menjadi penanda waktu terjadinya kisah pilu tersebut. “ Cukup menyentuh hati ya, Sob. Jadi terbayang akan kejadian saat gunung merapi meletus”

  • Mengunjungi Bunker Kaliadem

Kalian tau dong Bunker itu apa? Yaps, Sebuah bangunan yang terletak pada bawah tanah. Bunker ini dibangun untuk menyelamatkan diri tatkala erupsi merapi datang. Sekarang kawasan Kaliadem merupakan pemberhentian utama dari tour ini. Sebelum terjadi erupsi, kawasan ini merupakan hutan yang cukup asri namun kini semua sudah rata dengan pasir. “ Waw, gimana sob? So, selain kita wisata, kita juga mendapatkan wawasan lho di lava your merapi ini.”

  • Menyaksikan Sunrise

Waw, setelah lelah mengunjungi tempat – tempat dari peninggalan erupsi merapi ini, lava tour merapi menawarkan indahkannya dengan meliat sunrise yang begitu cantik, melihat sunrise dari kaki gunung pasti akan menimbulkan sensasi yang berbeda jika dibandingkan dengan sunrise di laut atau pun di puncak. “ Mantap Sob, perjalanan kalian agar terbayar lelahnya dengan menyaksikan sunrise yang begitu cantik”

 

                Tarif dan rute

  • Short Trip Lava Tour Merapi
    Durasi sekitar 1,5 jam dengan tarif Rp 400.000.
    Start Terminal Tlogo Putri, Kali Kuning, Mini Museum, Bukit Petung, Kaliadem, Bunker, Desa jambu, Batu Wajah, Desa Bendo, Tempuran, Tlogo Putri.
  • Medium Trip Lava Tour Merapi
    Durasi sekitar 2,5 jam dengan tarif Rp 450.000.
    Start Terminal Tlogo Putri, Kali Kuning, Dusun Ngrangkah (Mbah Maridjan), Mini Museum, Bukit Petung, Kaliadem, Bunker, Desa jambu, Batu Wajah, Desa Bendo, Tempuran, Tlogo Putri.
  • Long Trip Lava Tour Merapi
    Durasi sekitar 3 jam dengan tarif Rp 550.000.
    Start Terminal Tlogo Putri, Kali Kuning, Dusun Ngrangkah (Mbah Maridjan), Mini Museum, Bukit Petung, Kaliadem, Bunker, Desa jambu, Batu Wajah, Makam Mbah Maridjan, Desa Bendo, Tempuran, Tlogo Putri.
  • Sunrise Trip Lava Tour Merapi
    Trip dimulai pukul 04.00 WIB, durasi sekitar 2 jam dengan tarif Rp 450.000.
    Start Terminal Tlogo Putri, Kali Kuning, Mini Museum, Bukit Petung, Kaliadem, Bunker, Desa jambu, Batu Wajah, Desa Bendo, Tempuran, Tlogo Putri.

Tarif tersebut sudah termasuk asuransi jasa raharja untuk 4 orang penumpang.

4tipsmerapilavatour

Similar Articles

Top